✔ Soal Pts Uts Ipa Semester 2 Kelas 9 Smp Mts Kurikulum 2013
Soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA Semester 2 Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013
Amongguru.com. Setiap satuan pendidikan, selain wajib melaksanakan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melaksanakan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Tengah Semester (PTS) atau sering disebut juga Ulangan Tengah Semester (UTS).
Penilaian Tengah Semester merupakan salah satu bentuk penilaian mencar ilmu yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu semester 2.
Penilaian Tengah Semester menjadi salah satu penilaian hasil mencar ilmu selain bentuk penilaian lainnya, menyerupai Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.
Tujuan Penilaian Tengah Semester
Tujuan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara umum ialah untuk menilai pencapaian kompetensi akseptor didik selama setengah semester dan kesudahannya dijadikan sebagai materi penyusunan laporan kemajuan belajar.
Tujuan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester secara khusus ialah sebagai berikut.
- Memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
- Mengetahui kemajuan dan hasil mencar ilmu akseptor didik selama setengah semester.
- Mendiagnosa kesulitan mencar ilmu akseptor didik.
- Memotivasi akseptor didik dalam melaksanakan perbaikan hasil belajar.
- Mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan akseptor didik.
Fungsi Penilaian Tengah Semester
Berikut ini beberapa fungsi dari pelaksanaan Penilaian Tengah Semester.
- Sebagai salah satu materi pertimbangan dalam memilih kenaikan kelas.
- Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
- Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu akseptor didik.
- Sebagai penilaian diri terhadap kinerja akseptor didik.
Soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA Semester 2 Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013
Berikut ini dibagikan soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA semester 2 kelas 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013. Latihan soal Perguruan Tinggi Swasta IPA ini untuk membantu mencar ilmu akseptor didik kelas 9 SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) 2.
Materi soal Penilaian Tengah Semester IPA ini diambilkan dari setengah materi IPA kelas 9 SMP/MTs semester 2. Soal berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban.
Soal nomor 1
Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut ….
A. paramagnetik
B. diamagnetik
C. neomagnetik
D. feromanetik
Soal nomor 2
Contoh dari benda diamagnetik ialah ….
A. nikel
B. seng
C. alumunium
D. besi
Soal nomor 3
Pernyataan yang benar wacana sifat-sifat kutub magnet ialah ….
A. kutub senama magnet akan tarik menarik
B. kutub senama magnet akan tolak menolak
C. kutub tidak senama akan tolak menolak
D. kutub selatan magnet sanggup menarik semua logam
Soal nomor 4
Berikut ini ialah cara-cara yang sanggup dilakukan untuk membuat magnet, kecuali ….
A. didekatkan magnet utama
B. dialiri arus listrik
C. digosokkan magnet utama
D. dialiri arus bolak balik
Soal nomor 5
Magnet PQ disentuhkan ke batang besi AB sehingga terbentuk kutub magnet menyerupai gambar berikut.
Cara pembuatan magnet P-Q yang benar ditunjukkan pada gambar …
Soal nomor 6
Perhatikan gambar! berikut!
JIka baja AB menjadi magnet, maka data yang benar ialah ….
Soal nomor 7
Gambar di bawah ini ialah salah satu cara membuat magnet dengan cara mengaliri arus listrik searah yang dililitkan pada batang baja PQ.
Setelah terbentuk magnet, PQ didekatkan dengan besi K-L sehingga menjadi magnet, maka kutub-kutub magnet yang benar ialah …
A. K = kutub utara, L = kutub selatan
B. K = kutub selatan, L = kutub utara
C. K = kutub selatan, L = kutub selatan
D. K = kutub utara, L = kutub utara
Soal nomor 8
Bagian dari magnet yang memiliki gaya tarik terbesar ialah ….
A. tengah magnet
B. semua bagian
C. kutub magnet
D. kutub utara magnet
Soal nomor 9
Sifat kemagnetan suatu logam sanggup dihilangkan dengan cara berikut, kecuali ….
A. dipanaskan
B. didinginkan
C. dijatuhkan
D. dialiri arus bolak balik
Soal nomor 10
Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan tiga buah magnet batang. Jika C kutub selatan, B dengan C tolak menolak, serta D dengan E tarikmenarik, sehingga jenis kutub magnet pada A dan F ialah ….
A. A kutub selatan, F kutub selatan
B. A kutub utara, F kutub selatan
C. A kutub selatan, F kutub utara
D. A kutub utara, F kutub utara
Soal nomor 11
Di bawah ini yang menunjukkan tragedi terjadinya induksi magnet ialah ….
A. hilangnya sifat magnet dalam medan listrik
B. besi menjadi magnet di dalam medan magnet
C. berubahnya kutub magnet dalam medan listrik
D. berkurangnya daya magnet dalam medan magnet
Soal nomor 12
Sebuah jarum kompas yang diletakkan disekitar medan magnet akan mengalami penyimpangan
arah. Dari diagram gambar berikut ini, yang menunjukkan kedudukan jarum kompas yang benar ialah ….
Soal nomor 13
Orang yang menyatakan pertama kali bahwa bumi merupakan sebuah magnet ialah ….
A. Michael Faraday
B. Yohannes Keppler
C. Wiliiam Gelbert
D. Blaise Pascal
Soal nomor 14
Berikut ini ialah binatang yang memanfaatkan medan magnet untuk melaksanakan migrasi, kecuali ….
A. salmon
B. penyu
C. lobster duri
D. beruang
Soal nomor 15
Hewan yang memakai partikel magnetik pada tubuhnya untuk membuat peta navigasi dengan memanfaatkan medan magnet bumi ialah ….
A. burung
B. beruang
C. salmon
D. penyu
Soal nomor 16
Pengertian dari sudut deklinasi ialah ….
A. sudut yang dibuat antara jarum kompas dengan kutub utara selatan bumi
B. sudut yang dibuat jarum kompas dengan bidang horizontal bumi
C. sudut yang dibuat jarum kompas dengan bidang kemiringan bumi
D. sudut yang dibuat jarum kompas dengan kutub utara magnet bumi
Soal nomor 17
Arah garis gaya magnet bumi ialah ….
A. dari kutub utara bumi berakhir di kutub selatan bumi
B. dari kutub selatan bumi berakhir di kutub utara bumi
C. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara bumi
D. dari kutub selatan magnet bumi berakhir di kutub utara magnet bumi
Soal nomor 18
Berikut ini yang bukan ciri dari trafo step up ialah ….
A. jumlah lilitan primer lebih banyak daripada lilitan sekunder
B. jumlah lilitan primer lebih sedikit daripada lilitan sekunder
C. tegangan primer lebih kecil daripada tegangan sekunder
D. berpengaruh arus sekunder lebih kecil daripada berpengaruh arus primer
Soal nomor 19
Perhatikan gambar dinamo DC berikut!
Urutan cara kerja dinamo tersebut ialah …
A. 1-2-3-4-5
B. 1-3-2-4-5
C. 2-1-4-5-3
D. 2-1-5-4-3
Soal nomor 20
Perhatikan gambar berikut!
Jika jumlah lilitan primer dan sekunder pada trafo masing-masing 800 dan 200 lilitan, tegangan input trafo 220 V, maka tegangan output trafo ialah …
A. 55 V
B. 520 V
C. 80 V
D. 880 V
Soal nomor 21
Produk berikut yang dibuat dengan dukungan basil ialah ….
A. yogurt
B. tahu
C. sabun
D. minyak goreng
Soal nomor 22
Berikut ini yang bukan termasuk bioteknologi ialah ….
A. pemanfaatan jamur untuk membuat tape
B. pemanfaatan jamur untuk membuat kecap
C. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
D. pemanfaatan basil untuk membuat asam cuka
Soal nomor 23
Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar….
A. khamir melaksanakan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
B. khamir melaksanakan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbondioksida
C. khamir melaksanakan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
D. khamir melaksanakan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
Soal nomor 24
Pemyataan berikut yang sesuai dengan dampak positif pemanfaatan bioteknologi dalam bidang pangan ialah ….
A. bioremediasi merupakan pemanfaatan mikrobia dalam penanggulangan tumpahan minyak di perairan
B. limbah kedelai tempe sangat baik dibuang di sungai untuk kuliner biota air
C. rekayasa genetik pada tanaman tebu dengan memanfaatkan basil Escherecia coli menghasilkan tanaman tebu tahan lahan kering
D. ditemukannya basil Thiobacillus ferrooxidans membantu pemisahan logam besi dari timbal sulfat
Soal nomor 25
Pembuatan tempe merupakan pola bioteknologi konvensional. Tempe dibuat melalui fermentasi kedelai dengan mengunakan dukungan jamur Rhizopus sp. Manfaat yang didapat dari penerapan bioteknologi tersebut ialah ….
A. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
B. meningkatkan nilai gizi dari kuliner tersebut
C. memanfaatkan jumlah kedelai yang berlebihan
D. mengubah bentuk materi kuliner tersebut
Soal nomor 26
Pemanfaatan mikroorganisme Acetobacter xylinum dalam proses pembuatan sari kelapa berfungsi untuk ….
A. mengubah zat gula menjadi selulosa
B. mengubah karbohidrat menjadi glukosa
C. mengubah gula menjadi glukosa
D. mengubah gula menjadi asam asetat
Soal nomor 27
Mikroorganisme berikut yang menghasilkan antibiotik ialah …
A. Lactobacillus bulgaricus
B. Salmonella typhosa
C. Ascaris lumbricoides
D. Penicillin notatum
Soal nomor 28
Berikut ini ciri-ciri bioteknologi modern, kecuali …
A. penggunaan teknologi plasmid
B. memanfaatkan enzim
C. memanfaatkan prinsip-prinsip ilmiah
D. belum mengenal pemanfaatan enzim
Soal nomor 29
Reaksi kimia yang terjadi pada tragedi fermentasi, menyerupai pada pembuatan tape ialah ….
A. glukosa + O2 –> CO2 + H2O + energi
B. glukosa + O2 –> CO2 + alkohol + energi
C. glukosa –> CO2 + alkohol + energi
D. glukosa –> CO2 + H2O + energi
Soal nomor 30
Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang sanggup memenuhi kebutuhan materi pangan dengan kualitas yang tinggi.
Upaya yang sanggup dikembangkan untuk menuntaskan permasalahan tersebut ialah ….
A. pengembangan teknik fermentasi makanan
B. pengembangan protein sel tunggal
C. pengembangan binatang transgenik
D. pengembangan kloning
Soal nomor 31
Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia.
Berikut ini yang bukan dampak jelek dari bioteknologi ialah ….
A. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi
B. mengurangi plasma nutfah di Indonesia
C. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan jikalau dikonsumsi
D. membuat hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi
Soal nomor 32
Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen basil ialah salah satu pola aplikasi bioteknologi yang disebut ….
A. rekayasa genetika
B. kloning
C. transplantasi
D. mutasi
Soal nomor 33
Minuman yoghurt yang terbuat dari air susu sanggup mengobati lambung dan usus yang terluka, proses pembuatan yoghurt tersebut alasannya ialah hasil kerja dari ….
A. Rizhopus oryzae
B. Streptococcus thermophilus
C. Neurospora sitophila
D. Aspergillus wentii
Soal nomor 34
Perhatikan data spesies berikut!
K. Chlorella sp.
L. Candida utilia
M. Spirulina sp.
N. Sargassum sp
O. Rhizobium sp
Contoh sumber pangan produk bioteknologi konvensional kelompok protein sel tunggal ditunjukkan oleh ….
A. K, L, M
B. K, M, O
C. L, N, O
D. M, N, O
Soal nomor 35
Perhatikan data beberapa teknologi berikut!
1. Pemanfaatan energi panas matahari untuk menghasilkan listrik
2. Penggunaan bensin untuk sebagai materi bakar kendaraan bermotor
3. Penggunaan solar untuk materi bakar mesin diesel.
4. Gas methana yang dihasilkan dari teknologi biogas.
Teknologi ramah lingkungan dan tidak ramah lingkungan secara berturut-turut ditunjukkan oleh pasangan nomor ….
Unduh soal Perguruan Tinggi Swasta semester 2 IPA kelas 9 SMP/MTs di atas dalam format MS Word di sini.
Soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA Semester 2 kelas 7 dan 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 sanggup di unduh pada link berikut.
- Soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA Semester 2 kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (Unduh)
- Soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA Semester 2 kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 (Unduh)
Demikian yang sanggup admin bagikan mengenai soal Perguruan Tinggi Swasta UTS IPA semester 2 kelas 9 Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Pts Uts Ipa Semester 2 Kelas 9 Smp Mts Kurikulum 2013"
Posting Komentar