✔ Soal Latihan Pretest Ppg Guru Sd 2019 Beserta Kunci Jawaban

✔ Soal Pretest PPG dalam jabatan tahun 2019 memang tidak bisa di prediksi. Walaupun demikian referensi yang bagikan kali ini semoga bisa membantu.

GAMBAR SOAL PRE TEST PPG DALAM JABATAN 2019

✔ Pelaksanaan Seleksi kemampuan akademik akseptor PPG dalam jabatan di jadwalkan pada tanggal 11 hingga 23 Nopember 2019. Bagi anda yang sudah lolos tahap pendaftaran, maka wajib mempersiapakn diri menghadapi uji kompetensi PPG. Berikut yakni referensi soal-soal latihan PPG dalam jabatan tahun 2019 .

-com. Soal pre-test ppg 2019 akan kami bagikan melalui postingan ini silahkan menjadikannya sebagai materi berguru bagi guru yang akan melaksanakan kegiatan PPG tahun 2019. Soal-soal latihan ini admin kemas dalam bentuk word/p>

✔ Di bawah ini yakni referensi soal-soal pretest khusus untuk guru sd tahun 2019.

✔ SOAL LATIHAN PRE TES PPG ( SOAL LATIHAN UTN PLPG)

GURU SD / GURU KELAS

PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA
SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!

✔ 1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir
abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan
perkembangan anak pada tahap ...

✔ A. Tahap sensorimotorik

✔ B. Tahap praoperasional

✔ C. Tahap operasional konkrit

✔ D. Tahap operasional konkrit

✔ 2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik verbal
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis
skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi
pragmatik atau penggunaan simpel bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut
mempunyai kecerdasan ...

✔ A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)

✔ B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)

✔ C. Kecerdasan Ruang (spatial)

✔ D. Kecerdasan Gerak Tubuh

✔ 3) Untuk mengetahui kemampuan awal akseptor didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...

✔ A. pengayaan materi pelajaran

✔ B. refleksi

✔ C. latar belakang akseptor didik

✔ D. tes awal (pre-test)

✔ 4) Dalam mengidentifikasi masalah kesulitan berguru sanggup dilakukan dengan metode criterion
referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced yakni ...

✔ A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.

✔ B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.

✔ Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah
sanggup diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.

✔ C. Menganalisis kemampuan akseptor didik

✔ D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan berguru serta mencari siswa
yang mengalami tanda-tanda terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita
kesulitan berguru lainnya )

✔ 5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori berguru dan prinsip prinsip
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...

✔ A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal

✔ B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

✔ C. Menggunakan taktik pembelajaran

✔ D. Hanya memakai teknik pembelajaran

✔ 6) Salah satu unsur taktik pembelajaran yakni Mengidentifikasi dan memutuskan
spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan
mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan
Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)

✔ Penerapan dari unsur taktik di atas dalam konteks pembelajaran yakni ...

✔ A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil
sikap dan pribadi akseptor didik.

✔ B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang
paling efektif.

✔ C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan
teknik pembelajaran.

✔ D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan
ukuran baku keberhasilan

✔ 7) Yang ditekankan di dalam taktik pembelajaran interaktif adalah...

✔ A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri

✔ B. diskusi dan sharing diantara akseptor didik

✔ C. pembelajaran didominasi aba-aba dari guru

✔ D. proses penyampaian materi secara verbal

✔ 8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL

✔ berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah
kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka
dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan
antara lain........

✔ A. Tantangan internal dan Eksternal

✔ B. Responsibility

✔ C. Reinforced

✔ D. Enriched

✔ 9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu

✔ A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk ,
sanggup mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya

✔ B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus
dimiliki oleh siswa

✔ C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan

✔ D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling
memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

✔ 10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan
pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan
kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan
dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

✔ A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

✔ B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

✔ C. Menyeluruh dan berkesinambungan

✔ D. Beragam dan terpadu

✔ 11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa akseptor didik mempunyai posisi

✔ sentral untuk mengembangkan kompetensinya biar menjadi insan yang beriman dan
berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif,
sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan
tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ..............

✔ A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

✔ B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

✔ C. Menyeluruh dan berkesinambungan

✔ D. Beragam dan terpadu

✔ 12) Upaya guru dalam menawarkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan

✔ pengalaman berguru yang telah dialami yang paling optimal yakni dengan cara ...........

✔ A. Guru menawarkan tes atau pekerjaan rumah setiap selesai pelaj aran

✔ B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat

✔ pembelajaran berlangsung

✔ C. Guru mewawancarai tiap siswa wacana capaian atau duduk masalah berguru yang dihadapi
siswa dalam berguru

✔ D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam berguru

✔ 13) Upaya merancang pengayaan bagi akseptor didik yang mencapai ketuntasan berguru

✔ optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut .................

✔ A. Memberikan suplemen materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda

✔ B. Memberikan tes suplemen dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi

✔ C. Memberikan suplemen sumber baaan suplemen yang lebih mendalam dan tingkat
variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai

✔ D. Memberikan suplemen materi berupa sumber bimbing dari penerbit yang berbeda

✔ 14) Yang di maksud dengan penilaian yakni

✔ A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru
akseptor didik.

✔ B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.

✔ C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.

✔ D. Proses interaksi antara akseptor didik dan pendidik

✔ 15) Bentuk penilaian yang menghendaki akseptor didik menampilkan sikap memakai
pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut
penilaian

✔ A. Pre test

✔ B. post test

✔ C. Autentik

✔ D. Non Autentik

✔ 16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri,
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh akseptor didik. Adapun instrumen yang di
gunakan dalam penilaian tersebut yakni :

✔ A. Skala penilaian (rating scole)

✔ B. rubrik

✔ C. jurnal

✔ D. Soal tes

✔ 17) Lingkup penilaian hasil berguru meliputi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;

✔ A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.

✔ B. kompetensi inti, kompetensi dasar

✔ C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan,
kompetensi pengetahuan.

✔ D. kompetensi sikap sosial

✔ 18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;

✔ A. Pemahaman konsep

✔ B. Menggunakan grafik

✔ C. melaksanakan mekanisme

✔ D. pemecahan duduk masalah dan sikap

✔ 19) Konsep menyodorkan banyak sekali situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk

✔ menyelidiki, mencari jawabannya yakni konsep dan strategi....

✔ A. Juscovery learning

✔ B. Induktif learning

✔ C. Inquiry learning

✔ D. Cooperatif learning

✔ 20) Guru memebentuk kelompok kelompok berguru dan memeberikan kiprah kepada tiap
kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok menawarkan kiprah dan fungsi tertentu
sehingga bila salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut
tidak sanggup di selesaikan . karakteristik dari taktik pembelajaran tersebu yakni ;

✔ A. Tugas kelompok

✔ B. Diskusi kelompok kecil

✔ C. Pengajaran pribadi (direct teaching)

✔ D. berguru kooperatf (cooperatf learning)

✔ 21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama
yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali

✔ A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran

✔ B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)

✔ C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)

✔ D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

✔ 22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman

✔ jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani mengusut laporan hasil observasi
siswa. Dari hasil penjabaran kecenderungan gaya berguru siswa di peroleh peringkat hasil
berguru peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas memperlihatkan
siswa memeiliki kecenderungan gaya berguru berhasil baik melalui......

✔ A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)

✔ B. Visual (pandangan mata ) - Kinestik (gerak )

✔ C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)

✔ D. Auditif Visual dan kinestetik

✔ 23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam
upaya guru:

✔ A. memberi referensi penting toleransi

✔ B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa

✔ C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

✔ D. melatih siswa menciptakan keputusan yang diambil berdasarkan informasi

✔ 24) Upaya guru memakai hasil analisis untuk menentukanketuntasan berguru antara lain

✔ sebagai berikut............

✔ A. menentukan kreteria keberhasilan berguru

✔ B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

✔ C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang
diperlukan

✔ D. merencanakan pengajaran remidi

✔ 25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis ibarat kisah perjalanan

✔ riwayat para pendekar dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia...........

✔ A. 3-5tahun

✔ B. 6-8 tahun

✔ C. 10-12 tahun

✔ D. 15-18 tahun

✔ 26) Beberapa siswa mempunyai kecenderungan berguru berupa mengerjakan soal atau kiprah

✔ dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya berguru para siswa tersebut
adalah.......

✔ A. implusive

✔ B. reflektif

✔ C. gaya berfikir terikat

✔ D. gaya berfikir bebas

✔ 27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat......

✔ A. jujur dan adil

✔ B. mengikat dan memaksa

✔ C. sementara dan selamanya

✔ D. sesungguhnya dan sejujunya

✔ 28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal

✔ tersebut merupakan prinsip penilaian yang........

✔ A. Adil

✔ B. Obyektif

✔ C. Valid

✔ D. Sistematis

✔ 29)Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda
kedua akan berputar bila roda pertama berputar 10 kali

✔ A. 30

✔ B. 21

✔ C. 27

✔ D. 18

✔ 30)Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat atau kegunaan
suatu obyek atau jadwal yakni ....

✔ A. Pengukuran

✔ B. Evaluaasi

✔ C. Penilaian

✔ D. Penilaian

✔ 31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut...

✔ A. Membaca intensif

✔ B. Membaca pribadi

✔ C. Membaca deduktif

✔ D. Membaca sekilas

✔ 32) Etika Pancasila yakni ...

✔ A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan

✔ B. Keagamaan, social dan kerakyatan

✔ C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan

✔ D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

✔ 33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi berguru siswa dan biar proses

✔ pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....

✔ A. Metode pembelajaran

✔ B. Pendekatan pembelajaran

✔ C. Strategi pembelajaran

✔ D. Gaya pembelajaran

✔ 34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni (1) meningkatkan proses berguru

✔ mengajar, (2) memakai rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus
memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) meliputi proses refleksi dan
partisipatif, kecuali...

✔ A. Meningkatkan proses berguru mengajar

✔ B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus

✔ C. Mencakup proses refleksi

✔ D. Menggunakan metodelogi terbaru

✔ 35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi kendaraan beroda empat angkot. Dua penumpang yang
masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melaksanakan interaksi. Karena
penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka
yakni siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang
dilakukan tidak memakai bahasa. Mereka memakai jari-jari tangan untuk
berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di
atas, bahasa termasuk komunikasi. . . . .

✔ A. Verbal

✔ B. Nonverbal

✔ C. Inverbal

✔ D. Sistimatik

✔ 36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan
ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi
kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi
mengangkat-angkat badannya seakan-akan memberi tanda untuk minta digendong. Ketika
itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan mencicipi bahwa dunia ini tempat
orang saling menyebarkan rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan
lingkungannya secara verbal disebut dengan...

✔ A. Pemerolehan bahasa

✔ B. Pemerolehan isyarat anak

✔ C. Pemecahan bahasa anak

✔ D. Karakteristik anak

✔ 37) Penggunaan abjad kapital di bawah ini yang benar yakni

✔ A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman

✔ B. Presiden joko widodo berkunjung ke blora.

✔ C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma

✔ D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

✔ 38) Bahasa Indonesia Baku yakni bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa
Indonesia yang sedang berlaku.

✔ Penggunaan abjad miring pada kalimat di atas dipakai untuk...

✔ A. Menulis judul buku

✔ B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, pecahan kata, atau kelomp ok kata

✔ C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah

✔ D. Menuliskan nama majalah

✔ 39) Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak sekali suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka

✔ akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu
digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan
fungsi....

✔ A. Sebagai lambang pujian kebangsaan

✔ B. Sebagai alat pemersatu bangsa

✔ C. Sebagai alat perhubungan

✔ D. Sebagai lambang identitas nasional

✔ 40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan

✔ digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia
sebagai...

✔ A. Alat perhubungan tingkat nasional

✔ B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional

✔ C. Bahasa yang dipakai dalam kejadian kenegaraan

✔ D. Bahasa pengantar di forum pendidikan

✔ 41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah.

✔ A. Model Inquiry Learning

✔ B. Model Discovery Learning

✔ C. Model Problem Based Learning

✔ D. Model Project Based Learning

✔ 42) Teman-teman, pernah punya pengalaman ibarat Fikri, nggak? Sewaktu ia bermain di

✔ sungai bersama teman-temannya, ia mnginjak kerikil sungai yang licin. Akibatnya ia
terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh,
teman-teman tahu nggak, mengapa kerikil di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di
darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya.....

✔ Dalam bacaan di atas memakai ragam bahasa...

✔ A. Resmi

✔ B. Baku

✔ C. Tidak baku

✔ D. Daerah

✔ 43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini yakni ......

✔ A. Kita kini memerlukan meja. kursi. dan lemari.

✔ B. Kita, kini memerlukan meja, kursi, dan lemari !

✔ C. Kita kini memerlukan meja, dingklik dan lemari.

✔ D. Kita kini memerlukan meja dingklik dan lemari ?

✔ 44) Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena ......

✔ A. Menyimak sambil melaksanakan kegiatan lain tidak bisa menanggapi secara sempurna

✔ B. Menyimak sambil melaksanakan aktifitas lain bisa menanggapi secara sempurna ______

✔ C. Membaca sambil menyimak bisa menangkap pembicaraan secara benar

✔ D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata sanggup menanggapi secara sempurna

✔ 45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang sanggup dipakai

✔ kecuali ...........

✔ A. Metode Kupas rangkai suku kata

✔ B. Metode kata forum

✔ C. Metode SAS

✔ D. Metode Cerita

✔ 46) Berikut diberikan studi masalah :

✔ Mula - mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata - kata
yang mendukungnya. Dari kata - kata itu kita ceraikan atas suku - suku katanya dan
karenanya atas abjad - hurufnya.Kemudian abjad - abjad itu kita sintetiskan kembali
menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi
masalah metode membaca permulaan yang sempurna dipakai yakni ........

✔ A. Metode Alfabet

✔ B. Metode Suku Kata

✔ C. Metode SAS

✔ D. Metode Cerita

✔ 47) Memilihberbagai metode menulis permulaan

✔ 1) . Menulis permulaan

✔ 2) . Merangkaikan abjad lepas menjadi suku kata

✔ 3) . Merangkaikan suku kata menjadi kata

✔ 4) . Menyusun kata menjadi kalimat

✔ Tahapan diatas yakni teknik menulis permulaan dengan metode ...........

✔ A. Metode Eja

✔ B. Metode Kata Lembaga

✔ C. Metode SAS

✔ D. Metode Global

✔ 48) Merancang banyak sekali kegiatan menulis di kelas tinggi

✔ Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....

✔ A. Menulis wacana banyak sekali topik

✔ B. Menulis pengumuman

✔ C. Menulis pantun

✔ D. Menulis memo

✔ 49) Kegiatan mementaskan lakon atau dongeng biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah

✔ dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan

✔ pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....

✔ A. Bercerita

✔ B. Cerita berantai

✔ C. Bermain kiprah

✔ D. Dramatisasi

✔ 50) 1) Warna batunya merah menyala ibarat api, bila terkena sinar matahari akan
menyilaukan mata.

✔ 2) Ayah mempunyai kerikil akik yang sangat-sangat ia sukai.

✔ 3) Batu akik ini sungguh ajaib sebab seakan menyala ketika lampu mati.

✔ 4) Tidak salah bila Ayah sangat suka dengan kerikil akiknya ini.

✔ Urutan kalimat-kalimat di atas biar menjadi paragraf yang padu yakni ...

✔ A. 1 - 4 - 2 - 3

✔ B. 1 - 3 - 2 - 4

✔ C. 2 - 1 - 3 - 4

✔ D. 2 - 3 - 4 - 1

✔ 51) Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .

✔ A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.

✔ B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.

✔ C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.

✔ D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.

✔ 52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...

✔ A. Puisi, prosa, sajak

✔ B. Puisi, pantun, drama

✔ C. Puisi, prosa, drama

✔ D. Puisi, drama, sajak

✔ 53) Pagiku hilang sudah melayang

✔ Hari mudaku sudah pergi

✔ Sekarang petang tiba membayang

✔ ( ... )

✔ Larik bermajas yang sempurna untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...

✔ A. Batang usiaku sudah tinggi

✔ B. Aku telah menjelang kematian

✔ C. Aku lalai di hari pagi

✔ D. Akhh, untuk apa ku sesalkan

✔ 54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau.
Mereka yakni burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan
Burung Gereja.

✔ Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri
kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo
memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang
merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.

✔ Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak
indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja
pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung
Gereja menghibur anaknya.

✔ Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-
temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di
tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai
Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke
kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka
meratapi kesombongannya.

✔ Amanat yang sanggup kita petik dari dongeng tersebut yakni ...

✔ A. Kita dihentikan menyombongkan kelebihan yang kita miliki.

✔ B. Kita dihentikan memamerkan kekurangan kita.

✔ C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.

✔ D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.

✔ 55) Perhatikan cuplikan obrolan berikut !

✔ Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi kiprah kalian bisa sama persis,
bahkan titik dan komanya sekalipun “

✔ Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”

✔ Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya ikhlas saya sendiri.”

✔ Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari balasan ulangan
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?

✔ ( usang Aline dan Chelsea melamun )

✔ Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak
mengerjakan kiprah karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”

✔ Karakter Bu Guru dalam drama di atas yakni ...

✔ A. Galak

✔ B. Tegas

✔ C. Pemaaf

✔ D. Bijaksana

✔ 56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...

✔ A. 9 dan 1386

✔ B. 18 dan 1386

✔ C. 18 dan 1368

✔ D. 9 dan 1368

✔ 57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x 2 + 1, bila f (a) = 10,
hitunglah nilai a yang mungkin.

✔ A. a = 3 atau a = -3

✔ B. a = -3 atau a = 3

✔ C. a = -3 atau a = -3

✔ D. a = 3 atau a = 3

✔ 1 1 5 2

✔ 58) Nilai x yang memenuhi sistem persamaan - + - = 10 dan - - - = 26 yakni ...

✔ A. -

✔ B. - 1

✔ 6

✔ C.

✔ D. 1

✔ 2

✔ 59) Harga 2 koper dan 5 tas yakni Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas yakni

✔ Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas yakni ...

✔ A. Rp 240.000,00

✔ B. Rp 270.000,00

✔ C. Rp 330.000,00

✔ D. Rp 390.000,00

✔ 60) Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama
dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut yakni ...

✔ A. 4 dan 16

✔ B. 5 dan 15

✔ C. 6 dan 14

✔ D. 8 dan 12

✔ 61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000
sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?

✔ A. Rp. 30.000

✔ B. Rp. 32.000

✔ C. Rp. 40.000

✔ D. Rp. 50.000

id bagikan kali ini semoga bisa membantu ✔ Soal Latihan Pretest PPG Guru SD 2019 beserta Kunci jawaban

✔ JIka besar sudut a yakni 70 derajat maka besar sudut e yakni . derajat

✔ A. 90

✔ B. 100

✔ C. 110

✔ D. 120

✔ 63) Perhatikan sifat-sifat berdiri datar berikut !

✔ 1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang

✔ 2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus

✔ 3) mempunyai sudut siku-siku

✔ 4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar

✔ 5) mempunyai sepasang sudut sama besar

✔ Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang yakni ....

DOWNLOAD Soal pretst PPG sd 2019, SIMPAN FILE

Demikian share Latihan Soal PPG Terbaru 2019 Dilengkapi Pembahasan dan Kunci Jawaban yang bisa admin bagikan. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Latihan Pretest Ppg Guru Sd 2019 Beserta Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel