✔ Silabus Sma Kurikulum 2013 K13 Edisi Revisi 2018 Semua Mapel

Silabus Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 K13 Edisi Revisi 2018 Semua Mapel


Amongguru.com. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu.


Silabus menjadi pedoman guru dalam melakukan pembelajaran, semoga tidak keluar dari rambu-rambu yang telah ditetapkan.


Silabus mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber berguru yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.


Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan diberi kebebasan dan keleluasaan dalam membuatkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.


Prinsip Pengembangan Silabus


Pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan harus tetap berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, sehingga perlu memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus.


Berikut ini beberapa prinsip yang harus diikuti dalam pengembangan silabus.



  • Ilmiah; pengembangan silabus harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

  • Relevan; akupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual penerima didik.

  • Sistematis; komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

  • Konsisten; adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber berguru dan sistem penilaian.

  • Memadai ; akupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber berguru dan sistem evaluasi cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

  • Aktual dan Kontekstual; akupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar, sumber berguru dan sistem evaluasi memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutahir dalam kehidupan nyata, dan insiden yang terjadi.

  • Fleksibel; keseluruhan komponen silabus sanggup mengakomodasi keragaman penerima didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

  • Menyeluruh; komponen silabus meliputi keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).


Komponen-Komponen Silabus


Berikut ini ialah beberapa komponen yang harus ada dalam pengembangan silabus.


1. Kompetensi Inti (KI)


Kompetensi Inti (KI) merupakan citra mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh penerima didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.


Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam bentuk kualitas. Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, akan tetapi untuk dibuat melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan.


Setiap mata pelajaran harus relevan dengan kompetensi inti yang telah dirumuskan tau berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.


2. Kompetensi Dasar (KD)


Kompetensi Dasar (KD) ialah kemampuan spesifik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.


Mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran harus dengan memperhatikan urutan menurut hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan  materi, keterkaitan antara kompetensi inti dengan kompetensi dasar dalam mata pelajaran, dan keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata  pelajaran.


3. Indikator Pencapaian Kompetensi


Indikator Pencapaian Kompetensi merupakan sikap yang sanggup diukur atau diamati untuk memperlihatkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi pola evaluasi mata pelajaran.


Indikator dipakai sebagai penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.


Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik penerima didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi tempat dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau sanggup diobservasi. Indikator juga dipakai sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.


4. Materi Pokok


Materi pokok ialah pokok-pokok materi yang harus dipelajari penerima didik sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan memakai instrumen evaluasi yang disusun menurut indikator  pencapaian belajar.


Secara umum  materi pokok memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.


5. Pembelajaran


Pembelajaran ialah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan penerima didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Strategi pembelajaran sanggup berupa kegiatan  tatap muka dan non tatap muka atau pengalaman belajar.


Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memperlihatkan pengalaman berguru yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar penerima didik, penerima didik dengan guru, lingkungan, dan sumber berguru lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.


Pengalaman berguru yang dimaksud sanggup terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada penerima didik.


6. Penilaian


Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data wacana proses dan hasil berguru penerima didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.


Hasil evaluasi dianalisis untuk memilih tindak lanjut. Tindak lanjut sanggup berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, aktivitas remidial bagi penerima didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan aktivitas pengayaan untuk penerima didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.


7. Alokasi Waktu


Alokasi waktu ialah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah kompetensi. Penetapan alokasi waktu dalam pengembangan silabus disesuaikan  dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.


Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah ahad efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per ahad dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan materi, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.


Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan asumsi waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh penerima didik yang kompleks dan beragam.


8. Sumber belajar


Sumber berguru ialah rujukan, objek atau materi yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran.


Sumber berguru sanggup berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.


Penentuan sumber berguru didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.


Silabus Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 K13 Edisi Revisi 2018 


Silabus harus disusun dengan format dan penyajian yang sederhana, sehingga menjadi gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru.


Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya menjadi lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman, tetapi lingkup dan substansinya tidak berkurang.


Penyusunan silabus sanggup dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, kemudahan guru dalam mengajar, kemudahan bagi penerima didik dalam belajar, keterukuran pencapaian kompetensi, kebermaknaan, dan kebermanfaatan untuk dipelajari sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.


Di dalam membantu Bapak/Ibu Guru dalam membuatkan perangkat pembelajaran, berikut kami bagikan Silabus Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 edisi revisi  2018 untuk semua mata pelajaran.


Silabus Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 K13 Edisi Revisi 2018 Semua Mapel dapat di unduh dengan cara klik tautan di bawah ini.



  • Silabus Matematika Wajib Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Matematika Peminatan Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Fisika Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Kimia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Biologi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Sejarah Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Sejarah Peminatan Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Ekonomi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Geografi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Antropologi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Sosiologi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Bahasa Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Bahasa dan Sastra Inggris Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Bahasa Arab Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Bahasa Perancis Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Jepang Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Mandarin Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Seni Budaya Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus PKn Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Penjasorkes Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)

  • Silabus Prakarya Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 (Unduh)


Baca :



Demikian silabus Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 K13 Edisi Revisi 2018 untuk semua mapel. Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "✔ Silabus Sma Kurikulum 2013 K13 Edisi Revisi 2018 Semua Mapel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel