✔ Rpp Satu Lembar Sd Smp Berbasis Keterampilan Era 21
RPP Satu Lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21
Amongguru.com. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu komponen manajemen pembelajaran yang wajib dimiliki guru.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yakni rencana acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
RPP menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian pembelajaran di dalam mencapai sebuah Kompetensi Dasar (KD) yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijabarkan dalam silabus.
RPP wajib dimiliki guru sebagai bab dari perangkat mengajar. RPP menjadi pedoman bagi guru kelas maupun guru mata pelajaran dalam melakukan pembelajaran sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, telah mengeluarkan kebijakan gres terkait penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Kebijakan gres tersebut berupa penyederhanaan RPP, dengan mempertimbangkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada penerima didik.
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan sempurna dan tidak banyak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif artinya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Sedangkan berorientasi pada Peserta Didik berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan berguru penerima didik di kelas.
Kebiakan penyederhanaan RPP ini dimantapkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 perihal Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Pertimbangan penyederhanaan RPP ini yakni guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan
Baca : Download Contoh RPP Satu Lembar Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI Tahun 2020
Terdapat 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.
Melalui penyederhanaan RPP ini, maka guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan memakai RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada penerima didik.
Hanya ada 3 (tiga) omponen inti dalam penyederhanaan RPP, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran (assesment), sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap.
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan berguru penerima didik.
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.
Tujuan pembelajaran dibentuk menurut Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.
2. Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa acara yang sanggup secara pribadi mencapai Kompetensi Dasar.
Meskipun demikian, acara pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi penerima didik.
Di dalam acara pembelajaran, penerima didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memperlihatkan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.
3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)
Prosedur evaluasi pembelajaran juga dibentuk secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibentuk hanya satu halaman, alasannya penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.
Guru yang sudah menciptakan RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 perihal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap sanggup memakai format RPP yang sudah dibentuk sebelumnya.
Baca : 4 Pokok Kebijakan Program Merdeka Belajar dari Mendikbud
Guru juga sanggup memodifikasi format RPP yang sudah dibentuk sesuai dengan prinsip terbatu dalam penyusunan RPP (efektif, efisien, dan berorientasi pada penerima didik_.
RPP Satu Lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21
Berikut ini adalah contoh RPP Satu Lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21 berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019.
Pendidikan era 21 memakai istilah yang dinamakan 4C (critical thinking, communication, collaboration, and creativity).
4C yakni empat keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai keterampilan era ke-21, yaitu keterampilan yang sangat penting dan dibutuhkan untuk pendidikan era ke-21.
Kehidupan era 21 menuntut adanya keterampilan penerima didik untuk siap menghadapi tantangan yang ada.
Keterampilan tersebut diistilahkan dengan 4 C, yang merupakan abreviasi dari Critical Thinking atau berpikir kritis, Collaboration atau kemampuan bekerja sama dengan baik, Communication atau kemampuan berkomunikasi, dan Creativity atau kreatifitas.
Baca : Kenali 4 C, Empat Keterampilan Abad 21 yang Harus Dimiliki Peserta Didik
Bapak/Ibu Guru sanggup menyebarkan sendiri RPP satu lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21 ini dengan berpedoman pada prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru, yaitu efektif, efisien, dan berorientasi pada penerima didik.
Berikut adalah contoh RPP satu lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : …..
Tema/Subtema : Diriku/Tubuhku
Kelas/Semester : I/1
Kurikulum : 2013
Waktu : 1 Minggu (26 JP)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik diharapkan bisa :
- memahami keberagaman karakteristik dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman sebagai sikap mendapatkan keberagaman karakteristik dengan memperlihatkan sikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah (PKn);
- memahami kosa kata dan sanggup menggunakannya dalam percakapan perihal kekerabatan kekeluargaan dengan memakai pinjaman ganbar/bagan silsilah keluarga (B. Indonesia);
- mengenal berdiri ruang dan berdiri datar dan sanggup mengklasifikasikannya dengan memakai benda konkrit (Matematika); dan
- mengenal elemen musik dan sanggup menirukannya dalam bentuk pentas seni (Seni Budaya)
- memahami mekanisme gerak dasar lokomotor dan sanggup mempraktikkannya dengan berjalan satu arah dengan konsep tubuh, ruang, perjuangan dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (PJOK).
B. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pembukaan
Salam, doa, apersepsi dan menyanyikan lagu “Sayang Semua”
2. Kegiatan Inti
- Guru mengajak penerima didik mengamati gambar silsilah keluarga (keluarga inti dan keluarga besar).
- Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya/menanggapi konsep perihal keluarga.
- Mendiskusikan perihal peraturan yang ada di rumah dan menekankan perihal pentingnya mematuhi peraturan dalam kehidupan sehari-hari (LD) (PPK).
- Berdiskusi perihal keluarga, pekerjaan, dan kasih sayang keluarga, serta mendiskusikan sikap yang harus dikembangkan dalam keluarga misal berterima kasih (4C dan HOTS).
- Mengamati aneka macam berdiri datar dan berdiri ruang untuk menciptakan kreasi.
- Mengeksplorasi hasil kreativitas silsilah keluarga dengan aneka macam media berkaitan dengan berdiri datar dan berdiri ruang (LD) (4C).
- Melakukan acara senam irama diiringi lagu di halaman.
- Menggambar, menggunting, dan melekat profil silsilah keluarga pada berdiri datar
- Melakukan permainan kosa kata dengan memakai kartu kata untuk menentukan kedudukan anggota keluarga dalam silsilah keluarga (LD)(PPK).
- Mengumpulkan kosa kata pada teks bacaan/cerita perihal keberadaan, kebersamaan keluarga dengan bahasa verbal dan atau tulisan.
- Membedakan bunyi nyanyian berbirama dengan nyanyian tanpa memakai birama (HOTS).
- Menirukan gaya jalan anggota keluarga menyerupai kakek, nenek, ayah, ibu, abang dan adik.
- Mengkomunikasikan silsilah keluarga melalui tabel/diagram (4C).
- Bermain tugas perihal keluarga (PPK)
3. Kegiatan Penutup
- Melaksanakan tanya jawab, menyimpulkan bahan pelajaran dan refleksi.
- Doa dan memberi salam
C. Penilaian
Mengetahui, Kepala Sekolah/Madrasah, | ……., ……………………………… Guru Mata Pelajaran |
,..……………………………… NIP. ………………………… | ,..……………………………… NIP. ………………………… |
Contoh RPP Satu Lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21 secara lengkap sanggup di download pada link berikut.
RPP satu lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21 (Download)
Contoh RPP satu lembar SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 tahun 2020 sanggup di unduh di sini.
Contoh RPP satu lembar SMP/MTs tahun 2020 lengkap sanggup juga di unduh di sini.
Demikian contoh RPP satu lembar SD Sekolah Menengah Pertama Berbasis Keterampilan Abad 21. Semoga bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp Satu Lembar Sd Smp Berbasis Keterampilan Era 21"
Posting Komentar