✔ Rpp K13 Revisi | Pengembangan Hasil Diklat Penerima Pkp 2019

✔ RPP kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sedangkan K13 ialah nama alias dari kurikulum 2013. Adapun Informasi Yang akan bagikan kali ini berkaitan dengan pengembangan format RPP hasil dari diklat PKP tahun 2019.

GAMBAR RPP K13 REVISI

✔ Guru yang telah mengikuti training atau Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) tentu saja sudah berguru cara menyusun Rencana Pelaksanaan pembelajaran terbaru.

✔ Pada penyusunan rpp k13 revisi 2019 guru dituntut menyiapkan unit bahan yang dipilih beserta rangkuman unit bahan berupa mind map. Tujuannya ialah Pendalaman Materi HOTS sebagai sumber belajar.

✔ Pemahaman langkah-langkah pembelajaran berorientasi HOTS sangat diperlukan. Sebagai pola guru sanggup melihat video pembelajaran sebagai inspirasi.

✔ Pertanyaannya Bagaimana sih format RPP k13 yang sudah dikembangkan tahun 2019-2020 ??? berikut ini ialah salah satu contoh RPP kurikulum 2013 PKP berbasis zonasi edisi revisi yang dibentuk oleh penerima diklat PKP.

Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )


Satuan Pendidikan : SMPN 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : 9/1
Materi Pokok : Teks Cerpen
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit

A. Kompetensi Inti (KI)

KI-1 : 1. Menghargai dan menghayati ajarana gama yang dianutnya

KI-2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.

KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi


C. Tujuan Pembelajaran

✔ Setelah mengikuti proses pembelajaran, penerima didik diharapkan dapat:

✔ 1. Mengidentifikasi unsur bembangun karya sastra dalam teks kisah pendek yang dibaca dan didengar.

✔ 2. Menyimpulkan unsur-unsur Fokus Penguatan Karakter: Religius, disiplin, npercaya diri, kerjasama

D. Materi Pembelajaran

Pengetahuan

✔ Unsur pembangun karya sastra dalam kisah pendek

*Keterampilan

✔ Struktur dan asfek kebahasaan dalam kisah pendek

E. Metode Pembelajaran

1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F. Media Pembelajaran
1. Media
 Worksheet atau lembar kerja (siswa)
 Lembar penilaian

2. Alat/Bahan
 Penggaris, spidol, papan tulis,karton

G. Sumber belajar

✔ Tesniyadi, Dema. Bahasa Indonesia/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan—Studi dan Pembelajaran edisi revisi. 2019. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

✔ Pada kegiatan pendahulan rpp dibagi 3 yaitu persiapan/ orientasi, Apersepsi dan Motivasi. COntohnya sanggup dilihat gambar dibawah

RPP kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ✔ RPP k13 Revisi | Pengembangan Hasil Diklat Peserta PKP 2019

✔ Berikutnya ialah Kegiatan Inti harus memuat Stimulation (pemberi rangsangan) , Problem Statement (identifikasi masalah, Data Collection (pengumpulan data, Data Processing (pengolahan data) , Verification (pembuktian), dan Generalization (menarik kesimpulan).

2. Contoh Langkah-langkah pembelajaran pada acara Inti
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)

✔ 1.Peserta didik dengan bimbingan guru menciptakan ringkasan perihal poin-poin penting yang muncul dalam acara pembelajaran di dalam kelas

✔ 2. guru memperlihatkan apresiasi kepada seluruh penerima didik yang telah bekerja sama dengan baik dalam kelompok

✔ 3. penerima didik diberi kiprah mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam teks cerpen untuk dikerjakan dirumah

✔ 4. guru menginformasikan kegiatanyang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya



     1. Contoh RPP k13 terbaru Pertemuan 1, Download file

     2. Contoh RPP k13 terbaru Pertemuan 2, Download file Word/Doc

====> HUBUNGI ADMIN DI CHAT WA 085273216532


✔ Demikianlah gosip perihal RPP k13 format terbaru revisi 2019-2020. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Rpp K13 Revisi | Pengembangan Hasil Diklat Penerima Pkp 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel